Sayur Asem Jawa, Hidangan Andalan yang Mudah Buatnya

Sayur Asem Jawa

Masak-masak di bulan puasa, saya sih inginnya yang simpel-simpel aja, tapi tetap enak. Tinggal blender bumbu dan cemplang-cemplung sayuran. Voila.. jadilah makanan berbuka sekaligus sahur.

Andalan yang hampir selalu digilir tiap minggu, tak lain dan tak bukan adalah sayur asem Jawa. Hidangan berkuah asem segar yang kompak disukai seluruh anggota keluarga, dari kakak, ponakan, suami dan anak. Hidangan ini pun termasuk salah satu hidangan yang bisa dipadupadankan dengan lauk apa saja.  Tempe atau tahu goreng, ikan asin, dan dadar. Ditambah peyek teri atau kerupuk Palembang pun rasanya jadi ajib!

Membuatnya sangat mudah, saya rasa buibu pun mengamini saya. Ibarat masukin sayuran ke panci sambil tutup mata, hihihi. Ganciiil..

So, ini resep turun-temurun yang diajarkan mendiang Mamah saya.

Sayur Asem Jawa

Bumbu halus

- Bawang merah 7 siung
- Bawang putih 3 siung
- Cabai merah
- Cabai hijau
- Cabai rawit

Bahan Sayuran :
-       
-   - Daun melinjo
      - Melinjo
-       - Labu siam (saya pakai labu kecil)
-       - Pepaya muda
-       - Kacang panjang
-       - Jagung manis (jagung biasa pun boleh, pilih yang muda)

Bahan tambahan :

-       - Asem Jawa
-       - Gula merah
-       - Garam
-       - Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
-       - Air secukupnya

Cara Memasak :

- Potong-potong dan petik sayuran.
- Masak bumbu halus dalam air, masukkan melinjo, pepaya muda dan labu siam.
- Setelah mendidih, berurutan masukkan kacang panjang, tak berapa lama jagung, dan setelah hampir matang masukkan daun melinjo.
- Masukkan juga air asam Jawa, gula merah, garam, dan kaldu bubuk.
- Tambahkan irisan cabai merah (optional).
- Cek rasa, setelah sayur matang, matikan kompor.

Simpel banget kan? Seger dan endeus. Kalau lebih berkenan tambahkan kacang tanah  dan oncom. O iya, kalau lagi malas nyiapin bumbu saya juga suka pakai bumbu jadi kok, tinggal nambahin bawang merah putih dan cabai, rasanya sama enaknya, hehehe..  

Kalau saya bingung mau masak apa, sayur asem ini memang penolong banget. Cocok di semua cuaca, seger saat hawa panas, dan enak juga dimakan di hari hujan. So, happy cooking, Buibu...

Comments