Veggie Makes Me Happy (5 Tips Sehat Ala Saya)

canva.com


Bukan, saya bukan vegetarian, saya juga doyan daging-dagingan dan susu, hehehe.. Tapi saya memang penyuka sayuran. Tiap hari harus makan sayur, biar happy.

Bagi seorang full time mother hidup sehat itu penting banget. Karena dimana-mana yang namanya emak itu NGGAK BOLEH sakit. Hahaha.. ekstrem ya? Tapi seorang ibu memang harus selalu sehat, karena dia adalah pondasi rumah tangganya. Apa jadinya kalau dia sakit?

 So, ini dia tips kesehatan ala saya :

1. Bangun Pagi dan Jangan Tidur Lagi

Ketika bangun pagi, tubuh menyerap oksigen bersih dan menyerap energi positif. Kalau bisa langsung olahraga, itu bagus banget. Tapi saya sendiri memang jarang olahraga, hehehe. Pekerjaan dapur dan rumah menunggu untuk dikerjakan sejak pagi, ya sudah itu saja jadi olahraga saya.

Yang paling penting, jangan tidur lagi. Saya seringnya sih melawan ngantuk dengan teh panas atau cemilan ringan. Konon tidur lagi di pagi hari bisa bikin badan jadi lemas, nggak fit, secara jangka panjang bisa membuat gula darah naik dan obesitas.

Selain itu, banyak hal yang bisa dikerjakan dengan lancar di pagi hari, saat udara masih segar dan matahari masih hangat. Beberapa orang percaya, telat bangun bikin rezeki dipatok ayam, segala sesuatu yang dimulai terlambat hasilnya kurang baik, tidak maksimal. Dan saya pun mengamini anggapan ini.

2. Makan Sayur dan Buah Setiap Hari

Minimal harus ada sayur di meja makan. Syukur kalau tukang sayur langganan selalu membawa buah. Entah kenapa, semakin banyak makan sayur saya kok semakin semangat dan bahagia.

canva.com

Apalagi kalau lebih banyak sayur ketimbang nasinya. Wajah saya cerah, meskipun tidak pernah perawatan maksimal, dan badan saya enteng banget. Mungkin karena metabolisme juga lancar.

Beda kalau saya makan kering-keringan terus. Apakah itu nasi goreng, telur dadar, ikan dan tempe goreng, tanpa sayur sama sekali. Badan rasanya nggak fit, ditambah tenggorokan yang mulai kering, batuk-batuk karena kebanyakan minyak.

3. Tidak Minum Air Dingin
canva.com
Saya sekeluarga tidak minum air dingin. Karena entah kenapa rasanya kalau habis minum air dingin itu ada aja yang salah di badan. Suami saya biasanya tenggorokannya langsung kering, kayak mau batuk. Kalau saya perut yang nggak enak, sedikit mulas dan masuk angin.

Telusur punya telusur, terlalu banyak minum air dingin ini memang tidak dianjurkan di dunia kesehatan. Selain membuat sakit tenggorokan, minum air dingin bisa membuat pencernaan terhambat dan nutrisi makanan jadi hilang. Selain itu bagi yang ingin diet, air dingin bisa membuyarkan rencana diet Anda.

4. Minum Madu dan Jamu

Boleh dibilang kami adalah keluarga herbal, jarang minum obat, kecuali betul-betul sakit. Untuk menjaga kondisi tubuh kami mengonsumsi jamu dan atau madu. Apapun sakitnya, ya jamu solusinya.

Temulawak, beras kencur, kunyit, memiliki banyak khasiat untuk berbagai macam penyakit, dan tentu saja menjaga tubuh tetap fit. Nanti saya ulas lebih dalam tentang jamu-jamuan ini.
Madu tak kalah berperan penting untuk kesehatan tubuh. Saya dan keluarga memiliki alergi terhadap debu dan udara dingin. Nah, madu ini membuat sistem kekebalan tubuh kami meningkat, hingga membuat kami jarang sakit.

5. Tidur Siang

Bukan hanya anak-anak lho yang dianjurkan tidur siang. Tidur siang pun memiliki banyak manfaat untuk emak-emak yang selalu berasa sibuk seperti saya. Saya merasa lebih konsentrasi jika tidur siang. Lebih cerdas dan daya ingat lebih tajam.

Di samping itu istirahat memang sangat diperlukan tubuh agar lebih relaks. Memaksakan diri bekerja tanpa henti dari pagi hingga malam cenderung membuat saya lebih stres dan tegang. Ujung-ujungnya ada aja yang salah, masakan keasinan, keteteran ngasuh bocah, jadi pelupa, dan lain-lain.

Lepas dari kelima hal itu, saya berdoa untuk selalu diingatkan akan bersyukur. Karena bersyukur membuat saya lebih bahagia. Sesibuk apapun, seberat apapun pekerjaannya, harus bisa dinikmati dan disyukuri.

Rasa bahagia itu membuat badan saya menjadi lebih sehat. Dan kesehatan itu membuat hidup kita jadi penuh manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Kuy lah.. kita hidup sehat..

Comments